DULU MARET BULAN PERTAMA

Temen2…

Kebayang gak kalo misalnya dalam hidup kita tidak mengenal kalender?? Pasti kita sudah mengalami disorientasi waktu. Kita semestinya berterima kasih pada Aloysius Lilius. Pria asal italia inilah yang pertama kali mengusulkan sistem kalender yang kemudian disetujui oleh Paus Gregorius XIII pada 24 Februari 1582, dan kita kenal sekarang sebagai kalender Gregorian.

Dalam kalender Gregorian, dikenal 12 bulan yang masing-masing punya nama berbeda. Di Indonesia nama-nama bulan itu dimulai dari Januari sampai Desember. Penamaan ini menyerap menyerap nama-nama bulan dalam bahasa Belanda. Ya, temen2 tau sendiri kan kalo negara kita ini bekas jajahan Belanda.

Nah, bagaimana nama-nama bulan itu diberikan??

Januari

Nama bulan pertama dalam kalender Gregorian ini diambil dari nama dewa Romawi penjaga pintu gerbang, Janus.

Februari

Berasal dari kata Latin februa yang diambil dari nama dewa penyucian Romawi, Frebruus. Jumlah hari dalam bulan ini adalah 28. Jumlah harinya menjadi 29 pada tahun kabisat (tahun yang bisa dibagi empat).

Maret

Nama bulan ini berasal dari nama dewa perang Romawi, Mars. Awalnya, Maret adalah bulan pertama dalam kamender Romawi. Peda tahun 45 SM, Julius Caesar menambahakan bulan Januari dan Februari di depannya. Maka, Maret pun menjadi bulan ketiga dalam penanggalan Gregorian.

April

Bulan keempat ini aslinya berasal dari bahasa Latin aperire, yang artinya membuka.

Mei

Nama bulan ini diperkirakan diambildari nama lain Dewi Fortuna, yakni Dewi Maia.

Juni

Bulan keenam ini berasal dari nama Dewi Juno, istri dewa Jupiter.

Juli

Awalnya, bulan ini disebut bulan ini disebut Quintilis yang artinya kelima dalam bahasa Latin. Dalam kalender Romawi yang berawal dari bulan Maret, bulan ini memang bulan kelima. Namun, setelah Julius Caesar menambahkan Januari dan Februari di depan bulan Maret, bulan ini menjadi bulan ketujuh. Namanya diambil dari nama kaisar Romawi, Julius Caesar yang lahir pada bulan itu.

Agustus

Asal nama dari bulan kedelapan dalam penanggalan Gregorian ini tak terlalu jelas. Sebelumnya ia disebut Sextilis, yang artunya keenam dalam bahasa Latin. Ada pendapat, ia diambil dari bahasa Portugis Agosto, yang dipengaruhi bahasa belanda Augustus. Keduanya merujuk pada nama kaisar Romawi, Augustus.

September

Meski dalam kalender Georgian september merupakan bulan kesembilan, namun aslinya ia bulan ketujuh. Namanya berasal dari bahasa Latin saptam, yang berarti tujuh.

Oktober

Hal yang sama terjadi pada bulan kesepuluh dalam kalender Gregorian, yang diambil dari bahasa Latin octo, artinya delapan.

November

Dalam kalender Gregorian, November merupakan bulan kesebelas. Padahal, diambil dari bahasa Latin novem yang berarti sembilan. Sekali lagi, ini karena adanya penambahan bulan Januari dan Februari pada penanggalan Romawi.

Desember

Nama ini dipetik dari bahasa latin decem yang berarti sepuluh. Namun dalam kalender Greorius bulan ini menjadi bulan keduabelas dan menjadi bulan penutup tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: