Gak PD?? Ampun deh…

Teman, kebayang gak kalo kamu uda mempersiapkan sesuatu dengan maksimal, tapi apa yang kamu persiapkan itu jadi hancur berantakan, gara-gara kamu gak PD (percaya diri)!? Misalnya pada saat presentasi atau ujian. Pasti kamu bakalan kecewa, apa yang sudah kamu persiapkan tersebut sia-sia dan tak ada artinya.

Saya menulis ini bukan karena saya adalah orang yang PD, justru saya adalah orang yang sangat tidak PD. Dan saya tidak mau temen-temen menjadi orang yang tidak PD seperti saya. Berikut ini saya akan memberikan pengalaman ketidak’PD’an saya dan bagaimana saya mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen semua.. J

Pada saat kelas 3 SMP, tepatnya saat ujian praktek bahasa Inggris, saya disuruh untuk menghafalkan sebuah artikel berbahasa inggris, dan kemudian melafalkannya di depan guru penguji. Seharian saya membaca artikel tersebut di rumah, sampai saya sangat hafal dan lancar dalam melafalkannya. Tapi saat tiba giliran saya untuk menghadap penguji, saya kehilangan kata-kata. Judul artikel pun saya tidak ingat. Entah karena apa saya tiba-tiba bisa amnesia sementara seperti itu, padahal pengujinya adalah guru yang sangat ramah dan baik hati. Karena kebaikan si penguji, saya diberikan kesempatan kedua. Syukurlah pada kesempatan kedua tersebut ingatan saya sudah kembali, dan saya bisa melafalkannya dengan lancar, dan mendapatkan nilai A.

Setelah saya memikirkan kembali kejadian memalukan yang saya alami tersebut, ternyata saya mendapati bahwa tadi saya tidak percaya diri sebelum masuk menghadap penguji.

Ketidak’PD’an bisa diketahui dari gerak-gerik atau gelagat. Misalnya, pada saat tidak PD, secara tidak sadar kita sering memainkan sesuatu seperti; rambut, bibir, terkadang juga secara tidak sadar kita memainkan apa yang ada di hadapan kita. Kalau berjalan bungkuk, dan tidak memandang lurus ke depan.

Dalam kasus saya, ketidak’pd’an itu muncul karena saya berpikiran negatif tentang apa yang dapat terjadi di depan. Misalnya, pikiran bahwa “gimana kalo ntar pengujinya galak? Gimana kalo ntar saya tiba-tiba lupa apa yang udah saya pelajari? saya bisa gak lulus!” pikiran yang seperti itulah yang harus kamu hilangkan. Cobalah untuk berpikir positif dan jangan memikirkan hal apa yang dapat terjadi nanti. Kamu hanya perlu melakukan apa yang harus dilakukan di saat sekarang. Terlebih lagi kalau kamu sudah mempersiapkannya dengan maksimal. “untuk apa takut? Saya sudah pelajari ini seharian! Saya pasti bisa!” pikiran-pikiran seperti inilah yang harus kamu tanamkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Itu berdasarkan hal yang pernah saya alami, berikut ini saya akan memberikan tips-tips menumbuhkan rasa percaya diri, dari apa yang telah saya baca.

1. Perhatikan Postur Tubuh – seperti yang saya katakan tadi, ketidak’PD’an bisa diketahui dari gerak-gerik kita. Gerak-gerik, seperti sikap duduk atau sikap berdiri dapat memancarkan pesan tersendiri kepada orang-orang di sekitar kamu. Jika kepercayaan diri yang terpancar, kamu akan mendapat tanggapan positif dari orang lain. Dan hal ini pasti akan memperbesar rasa percaya diri kamu. Jadi, mulai sekarang perhatikan sikap duduk atau sikap berdiri untuk menunjukan bahwa kamu memiliki rasa percaya diri.

2. Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri Dan Berpikiran Positif – Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Tidak jarang kita meniru apa yang dilakukan oleh teman-teman kita. Jika kamu terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang kamu miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan kamu. Sebaliknya, jika kamu dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri kamu.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri – Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika kamu pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana kamu merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat kamu mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

4. Latihan – Kapanpun kamu ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Bahkan kamu dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, kamu tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.

5. Kenali Diri Sendiri – Pikirkan segala hal tentang apa yang kamu sukai berkenaan dengan diri sendiri dan segala yang kamu tahu dapat kamu lakukan dengan baik. Jika kamu kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang kamu peroleh dari orang-orang – Apa yang mereka katakan – kamu melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagus untuk menuliskan semua ini, hingga kamu bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun kamu membutuhkan inspirasi.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri – Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri kamu. Namun, saat seorang teman sedang melalui masa sulit, kamu tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi kamu sendiri kan? Tentu saja kamu tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan kamu menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat kamu jadi terpuruk.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko – Jika kamu seorang pengambil resiko, kamu pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut kamu akan hal-hal yang tak kamu ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa kamu memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan kamu selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.

10 Tanggapan to “Gak PD?? Ampun deh…”

  1. sippppppp !

  2. synansari09 Says:

    Chayoo mba.!🙂

  3. ok deh.. bgus nhe bwt perbaiki sikap pribadi..

  4. @rondi
    siapa tuh yg lebih baek ?

  5. queenqolbu Says:

    wahh…lumayan buat nambah2 ref., klo gag PD keluar keringat dingin ada hubungannya gag??? hehehe…

  6. synansari09 Says:

    Kak rondi : siippp..
    Queenqolbu : iya,, biasax jg keluar keringet dingin gt klo qt gk PD..

  7. lumayan…..
    bisa bikin kita belajar buat g minder
    hehehe

  8. ^^ntar dcba..

  9. oh gto ya….
    bs dpraktekiin…

Tinggalkan Balasan

