Cara Membuat Grafik Fungsi di MAPLE

Temen2..

Di jaman yang serba modern ini, didukung dengan teknologi yang canggih, kita bisa melakukan segala sesuatunya dengan mudah. Sama seperti software yang satu ini MAPLE, dibuat untuk memudahkan kita dalam belajar perhitungan Matematika yang rumit.

Kali ini, saya akan membagi sedikit tutorial bagaimana cara membuat grafik fungsi pada Maple.

Pertama-tama, pastikan di komputer temen2 sudah terinstall software Maple. Tapi kalo belum, jangan khawatir! karena saya orang yang baik dan tidak sombong dan tidak membuang sampah sembarangan, temen2 bisa mendownload softwarenya disini.

Jika sudah terinstall, buka program Maplenya. Nanti tampilannya seperti ini

Jika udah muncul window utama yang seperti gambar di atas, pilih

>> File >> New>>Worksheet mode

Kemudian, muncul worksheet  (halaman kerja) seperti ini

Setelah itu ketik fungsi yang akan dicari grafiknya, misalnya grafik fungsi

pada interval [-1/2 , 2]. Langkah awal pada program Maple yang perlu dilakukan adalah mendeklarasikan persamaan seperti ini

selanjutnya tekan enter, akan muncul tampilan seperti gambar berikut, yang menunjukan bahwa deklarasi persamaan sudah benar.

Kemudian untuk membuat grafik, gunakan syntax program “plot” seperti berikut

Kemudian tekan >> Enter, dan akan muncul grafiknya seperti ini..

selese deh.. cukup mudah bukan!? selamat mencoba ya… ^^

9 Tanggapan to “Cara Membuat Grafik Fungsi di MAPLE”

  1. Felix Sharieff Says:

    terima kasih

  2. mbak, tolong donk kirimin lisence maple..
    q udah download smw tp lisence.dat ngga bs dibuka..
    please ya??????
    atw add me on FB:
    zhenik_0516@ymail.com
    thanx bgt..
    ^^

  3. ma kasih mbak, dari dulu saya coba cari maple.

  4. Fajar Amri Alibasya Says:

    ada ga listing untuk membuat phasepotrait??

  5. tolong donk! kirim lagi panduan / tutorial yang lebih lengkap ke emailku, karena saya baru tahap belajar

  6. mbg bisa gak buat listing fungsi kayak matlab di maple??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: