CERITA DI BALIK POHON PISANG

Mengeluh dan mengeluh. Hal itulah yang saya lakukan ketika bapak meminta saya untuk membantu ibu mencuci piring. Hingga akhirnya bapak berkata.

“kalau disuruh kerja itu yang seneng caranya, pasti ndak terasa kerjaannya. Anggap saja kaya’ makan bakso trus minum es, pasti seneng kan kamu!”

Kemudian saya menyahut. “itu perumpamaannya salah. Kalo makan bakso sama minum es emang enak. Tapi kalo ini jelas-jelas ndak enak! Kalo ini tu kaya dikasi kue kemaren sama nenek. Walaupun kita gak suka, tapi kita gak enak buat nolak!”

Bapak pun menjawab, “ coba kamu belajar hidup dari pohon pisang. Pohon pisang itu ndak akan mati sebelum bisa berbuah. Walopun berbuah cuma sekali, tapi pas berbuah, buahnya banyak, enak, dan bikin orang yang makan tu seneng. Nah, kamu juga harus gitu. Selama masih hidup, kamu harus terus kerja dan kerja, biar bisa menghasilkan sesuatu yang bikin orang-orang di sekitar kamu seneng!” Setelah bapak menyampaikan nasihatnya, saya hanya bisa terdiam, sambil menggosok piring-piring yang kotor dan berlemak.

Benar juga apa kata bapak. Hanya disuruh bantu ibu mencuci piring saja saya sudah mengeluh. Mana wujud rasa terima kasih saya terhadap orang yang telah mengandung saya selama 9 bulan? Yang merawat saya dari kecil hingga sebesar ini? Apakah dia pernah mengeluh? Sedikitpun tidak!

Mengapa saya tidak bisa seperti perempuan-perempuan lainnya yang akan dengan senang hati membantu ibunya?

Setelah merenung, dan sekarang sambil mambilas piring yang sudah diberi sabun, saya bertekad untuk menjadi seperti pohon pisang itu. Pohon pisang yang semasa hidupnya terus bekerja untuk mencapai suatu hasil yang dapat dinikmati oleh orang lain, dan membuat orang tersebut senang, terutama orang yang sudah mengandung saya selama 9 bulan. Yaitu Ibu.

Tentu saja all beginning is difficult, tapi selama ada kemauan, pasti ada jalan. I’ll never give up!!!^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: